Konsumsi adalah proses menghabiskan / menggunakan objek-objek tertentu. Proses tersebut memiliki cara yang berbeda-beda pada tiap zaman / masa.
PRAMODERN
- jumlah produksi terbatas
- produksi ditujukan untuk memenuhi kebutuhan manusia
MODERN
- jumlah barang yang diproduksi berlebihan (revolusi industri)
- manusia dipaksa untuk membeli barang secara terus-menerus
POSTMODERN
- barang-barang yang diproduksi dibuat inovasi baru, merek, dll agar masyarakat tetap konsumtif membeli barang
1. KANIBALISME
Memproduksi benda / produk baru secara rutin sehingga produk yang lama akan kalah dengan produk yang baru.
contoh : Handphone NOKIA mengeluarkan tipe baru setiap beberapa bulan sekali.
2. GUE BANGET
Menambahkan nilai-nilai tertentu, membuat produk khusus / spesial untuk orang-orang tertentu sehingga orang akan beranggapan bahwa produk tersebut sangat sesuai dengan dirinya.
NEEDS VS WANTS
- Baudrillad : yang dikonsumsi bukan nilai gunanya, tapi nilai simbolis yang sifatnya abstrak dan terkonstruksi.
- Konsumsi membutuhkan manipulasi simbol-simbol secara aktif untuk memanjakan hasrat. contoh :
- jika memakai shampoo X , berarti seorang pecinta lingkungan
- jika memakai sepatu Y , berarti seorang traveller sejati
- jika meminum Z , berarti seorang party-goers
- Konsumsi membutuhkan manipulasi simbol-simbol secara aktif untuk memanjakan hasrat. contoh :
- PERGESERAN MAKNA KONSUMSI : Konsumsi
adalah proses objektifikasi, mengeksternalisasi dan menginternalisasi
diri lewat objek-objek sebagai medianya. (Yasraf Amir Pillian)
contoh :
- peluksi harus memakai cat air Windsor
- fotografer harus memakai merek Canon
- pecinta alam harus memakai Eiger
GAYA HIDUP - definisi
- Ketler (2002, p.192) adalah pola/cara hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas , minat, dan opininya
- secara umum : pola/cara bagaimana orang menghabiskan waktunya (aktivitas) , apa yang penting orang pertimbangkan pada lingkungan (minat), dan apa yang orang pikirkan tentang diri sendiri dan dunia di sekitar (opini)
- kata kunci : AKTIVITAS , MINAT, OPINI (A , I , O)
Beberapa contoh lifestyle yaitu : healthy lifestyle, spiritual lifestyle, party people, green living, nomad people, yoga people, beach babes, extreme sports lovers, dll.
healthy lifestyle
party people
extreme sports lovers
GAYA HIDUP - habitus
- penyebab "habit" dasar dari tindakan seseorang
- hal yang dipelajari sejak lama sehingga seseorang memiliki aktivitas, interest dan opini tertentu tentang dunianya
- pola hidup masing-masing orang akan membentuk gaya hidup
GAYA HIDUP - jenis
1. Differensiasi
Gaya hidup yang penganutnya masuk ke dalam kelompok-kelompok gaya hidup yang sudah ditentukan oleh kaum kapitalis. Penganutnya akan mengkonsumsi barang-barang yang disediakan oleh kaum pemegang modal. Gaya hidupnya akan mengikuti trend yang ada.
contoh : iphone, blackberry, java jazz
2. Alternatif
Gaya hidup yang penganutnya melawan / menolak kelompok-kelompok gaya hidup yang sudah ada. Gaya hidupnya akan antimainstream
contoh : musik underground, swadaya pangan dan kebutuhan
GAYA HIDUP - adopsi
Ketika penganut gaya hidup alternatif banyak , kaum kapitalis akan mengadopsi (menjadikan trend) sehingga menjadi gaya hidup differensiasi.
contoh : aksesoris yang dipakai anak - anak punk diadopsi menjadi aksesoris untuk artis-artis Hollywood
TUGAS - analisa TVC
Produk : Etude House
Merupakan brand kosmetik dari Korea yang sudah mendunia. Misi Etude House adalah mempercantik
wanita melalui produk kosmetik yang atraktif dan konseling yang ramah.
Selain itu, produk Etude House mempunyai 4 konsep dasar yaitu kualitas
terbaik, harga terjangkau, desain yang cantik dan beragam varian warna
menarik.
Tanda yang terdapat pada TVC :
- model laki-laki mengendarai mobil dan membawa seikat bunga (yang isinya merupakan produk-produk Etude) menunjukkan bahwa ia akan mengunjungi model perempuan
- model perempuan berdandan dan mengenakan dress juga perhiasan menunjukkan bahwa ia bersiap-siap menemui model laki-laki
- model perempuan menunggu kedatangan model laki-laki ditunjukkan dari posisi berdiri model perempuan di dekat jendela
- model perempuan dan laki-laki terlihat masih muda menunjukkan bahwa produk make up Etude ditujukkan untuk remaja sampai dewasa muda
- di akhir iklan, rangkaian bunga yang isinya adalah produk Etude tersebut sudah dipegang oleh model perempuan, dan ada tulisan "you are my girl" pada kaca bedak menunjukkan bahwa model merupakan pasangan
- model laki-laki memberi model perempuan produk Etude menunjukkan kesan bahwa laki-laki menyukai perempuan yang menggunakan make up Etude
- warna-warna yang terdapat dalam iklan bernuansa pink dan putih jika dilihat dari barang-barang yang ada, menunjukkan bahwa produk Etude mengeluarkan warna-warna lembut dalam produknya
Dari tanda-tanda yang ada di dalam TVC, dapat diambil kesimpulan bahwa iklan ini ditujukan untuk usia remaja sampai kira-kira usia dewasa muda dengan kelompok lifestyle untuk perempuan-perempuan feminin yang menyukai make up.
Produk Etude dibuat untuk menarik perhatian orang-orang dengan kecantikan yang diberikan oleh produknya. Maka menurut saya, tokoh yang cocok dengan produk ini adalah girlband-girlband muda Korea. Mengapa?
Karena selain harus bisa menyanyi dan menari, penampian dari masing-masing member akan menjadi pusat perhatian bagi orang lain, terutama bagi fans-fansnya. Dengan memakai make up Etude, maka penampilan mereka akan lebih memukau.
Salah satu tokoh yang cocok yaitu :
RED VELVET
Red Velvet merupakan girlband Korea yang dibentuk oleh S.M. Entertainment pada tahun 2014. Membernya terdiri dari Irene, Wendy, Seulgi, Joy dan Yeri. Usia dari masing-masing member berkisar antara 20-25 tahun.
Maka, sangat cocok untuk menggunakan produk Etude yang ingin menampilkan kesan cantik dan manis.
Titanium Rp. - Titanium Sharp & Plated - Tioga
BalasHapusTitanium Sharp & titanium 4000 Plated. titanium dioxide skincare Titanium Sharp & Plated. 4.0 out of snow peak titanium 5 stars • titanium tent stakes 4 reviews; $14.99 · samsung titanium watch In stock